KARYA INOVATIF YANG HARUS DI KEMBANGKAN OLEH GURU
Uraian :
1. Karya inovatif:
a. Menemukan teknologi tepat guna
b. Menemukan/menciptakan karya seni
c. Membuat/memodifikasi alat peraga/praktikum
d. Membuat standar tk nasional/tk provinsi
2. Menemukan teknologi tepat guna:
a. Sederhana
b. Kompleks
3. Menemukan/menciptakan karya seni:
a. Sederhana
b. Kompleks
4. Membuat/memodifikasi alat pelajaran/alat peraga/praktikum:
a. Sederhana
b. Kompleks
5. Membuat standar/pedoman/soal:
a. Sederhana
b. Kompleks
6. Membuat Laporan Karya Sains (Teknologi Tepat Guna)
a. Karya hasil rancangan/pengembangan/percobaan saina dibuat untuk pembelajaran dan kegunaan di masyarakat agar lebih mudah.
b. Jenis :
1) media pembelajaran interaktif berbasis computer,
2) program aplikasi computer,
3) penemuan baru/modifikasi,
4) alat atau mesin yang bermanfaat,
5) konstruksi dengan bahan tertentu untuk pembelajaran,
6) hasil eksperimen,
7) hasil pengembangan metodologi pembelejaran,
8) desain pembelajaran spt metode iqro.
c. Bukti fisik : laporan dilengkapi dengan : 1) foto dari mulai proses pembuatan hingga jadi (untuk pembuatan suatu alat), 2) karya berbasis computer dilengkapi dengan CD/software, 3) uraian dan foto untuk eksperimen, 4) makalah/buku/uraian pembelajaran yang sudah teruji untuk desain pembelajaran.
d. Perbedaan kategori sederhana :
No Sederhana Kompleks
1 Durasi 30 menit Durasi lebih dari 30 menit
2 Modif kurang dari 50% Lebih dari sama dengan 50%
3 Lama pembuatan singkat Lama pembuatan panjang
4 Biaya yang minimal Biaya besar
5 Ukuran 30x10x10cm Ukurannya lebih besar
6 Banyaknya 1-2 set Banyaknya lebih dari 2 set
7 Poster 2-3 Poster lebih dari 3
8 Film durasi 5-20 menit Lebih dari durasi 20 menit
9 Animasi durasinya 2-3 menit Lebih dari durasi 3 menit
10 Min 3x5m Lebih dari 3x5m
e. Sistematika laporan penemuan/desain/modifikasi:
1) Halaman judul
2) Halaman pengesahan
3) Kt pengantar
4) Daftar Isi
5) Daftar gambar
6) Nama karya
7) Tujuan
8) Manfaat
9) Rancangan/desain plus foto
10) Prosedur plus foto
f.
Sistematika laporan sains teknologi berupa percobaan/eksperimen:
1) Bab I : landasan Teori …
2) ….
g.
Jenis alat pelajaran :
1) Alat bantu presentase contoh papan tulis inovatif, proyektor sederhana
2) Alat bantu olahraga contoh alat bantu loncat tinggi, senam
3) Alat bantu praktek contoh panel listrik, alat penjempit, …
4) Alat lain contohnya alat bantu bimbingan/konseling, dsb.
h. Jenis alat peraga :
1) Poster pelajaran baru hasil modif atau penemuan
2) Alat permaianan pendidikan
3) Film pelajaran
4) Animasi computer
i. Alat praktikum contohnya : alat pengukur PH, dsb…
j. Menemukan dan Menciptakan Karya Seni : proses refleksi nilai dan gagasan manusia secara estetik dalam berbagai media rupa, gerak, kata, bunyi, dsb.
k. Syaratnya : Karya seni sudah dipublikasikan min tk kabupaten/kota.
l. Jenis seni :
1) sastra : novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, naskah drama, naskah film.
2) seni rupa: lukisan, souvenir, baligo, busana, keramik, patung.
3) seni desain: sampul buku, poster, brosur, catalog, film, fotografi, seni music rekaman diaransemen lain dsb. 4) seni pertunjukkan : teater, tari, sendratasik, ensemble music, dsb.
m. Bukti fisik karya seni yang tidak bisa disertakan membuat portofolio dengan 1,5 spasi, HVS 80 gr ukuran kwarto dijilid warna putih.
n. Laporan portofolio :
1) identitas,
2) pengesahan,
3) semua karya sudah dipamerkan dengan surat keterangan,
4) rekaman tanyangan, kliping dari media,
5) bukti fisik dari radio kalau sdh disiarkan, rekomendasi dewan kesenian daerah, pengakuan dari masyarakat.
o. Karya sastra yang bisa dinilai min jumlahnya 10 buah untuk cerpen, puisi jumlahnya min 20 puisi, min 10 aransemen lagu, film sekolah durasi min 15 menit, min 5 judul sampul buku, min 5 baligho, poster/pamphlet min 20 diedarkan, min 10 kreasi busana, min 5 karya lukisan/patung yng sdh dipamerkan, 5 lagu ciptaan sendiri, min 10 karya fotografi sdh dipamerkan. Lengkapi dengan surat edar/pertunjukkan/pameran, kalau 1 lagu harus berupa konser.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar